Hardness Tester untuk Pengujian Material Industri

Post Reply
admin
Site Admin
Posts: 3
Joined: Fri Jul 20, 2018 3:31 pm

Hardness Tester untuk Pengujian Material Industri

Post by admin » Wed Sep 12, 2018 1:53 pm

Hardness Tester adalah alat yang digunakan untuk menguji kekerasan suatu material seperti besi, baja, kuningan, intan, dll. Fungsi dari uji kekerasan ini yaitu untuk menganalisa karakterisitik material dan juga menentukan standar mutu pada material tersebut.

nilai kekerasan tidak bisa diukur secara kasat mata sehingga dibutuhkan uji kekerasan untuk mendapatkan nilai kekerasan yang akurat menggunakan hardness tester.
Image

Secara pengertian, kekerasan merupakan sifat mekanik pada suatu benda atau material. Jika material tersebut digunakan pada suatu proses produksi, maka harus diukur tingkat kekerasannya karena nantinya ketika proses produksi berlangsung material akan terus menerima gesekan dan tekanan sehingga terjadi deformasi plastis.

Selain itu, dengan uji kekerasan maka bisa diketahui kualitas material yang diuji sehingga dapat ditetapkan standart mutu untuk material tersebut. Uji kekerasan (Hardness Test) terbagi menjadi 4 macam yaitu :

Brinell Hardness

Jenis uji kekerasan ini menggunakan indentor berupa bola baja yang nantinya ditekan pada permukaan material atau benda yang diuji. Setelah itu, hasil penekanan tadi diukur tingkat lekukan atau kedalamannya dan selanjutnya dianalisa nilai kekerasannya.

Rockwell Hardness

Jenis uji keras ini menggunakan indentor berupa bola baja yang bentuknya seperti kerucut. Caranya juga tidak jauh berbeda yaitu dengan menekan indentor pada material atau benda yang diuji.

Micro Hardness

Sedangkan metode uji keras yang terkahir ini digunakan pada material atau benda yang tingkat permukaannya sangat tipis . Skala pembebanan yang dipakai pada metode Micro Hardness ini yaitu 1 sampai 100 gram.
Vicker Hardness

Tidak jauh berbeda dengan pengujian lainnya, vicker hardness juga merupakan jenis uji kekerasan yang menggunakan indentor, tapi indentornya berbentuk seperti pyramid. Biasanya metode ini digunakan untuk berbagai material atau benda, mulai dari benda yang permukaannya tipis atau teksturnya lunak (5HV) sampai benda yang permukaannya tebal atau keras (150HV) tanpa harus mengubah setelan penekanan pada material yang diuji.

Semua metode uji kekerasan tersebut menggunakan alat Hardness Tester yang disesuaikan dengan setiap metode yang digunakan dan biasanya hanya digunakan di dalam lab saja.

Cara Menggunakan Hardness Tester

Tidak terlalu sulit untuk menggunakan hardness tester. Ada 2 jenis sistem operasinya yaitu digital dan manual. Cara menggunakannya sama saja, bedanya untuk yang manual masih menggunakan bantuan tenaga manusia, sedangkan yang digital seluruh sistem operasinya sudah otomatis hanya dengan menekan tombol start saja.

Sumber : Testingindonesia.com

Post Reply

Return to “Diskusi Bebas Material Engineering”